Kurikulum

Kurikulum Multimedia

10 April 2013 SMKN 9 Mataram

A.  Dasar Kompetensi Kejuruan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Merakit personal computer
1.1    Merencanakan kebutuhan dan spesifikasi

1.2    Melakukan instalasi komponen PC

1.3    Melakukan keselamatan kerja dalam merakit komputer

1.4    Mengatur komponen PC menggunakansoftware (melalui setup BIOS dan aktifasi komponen sistem operasi).

1.5    Menyambung periferal menggunakan Software

1.6    Memeriksa hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.

  1. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
2.1    Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi

2.2    Melaksanakan instalasi softwaresesuai Installation Manual

2.3    Mengecek hasil instalasi menggunakansoftware (sampling)

2.4    Melakukan troubleshooting.

  1. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
3.1    Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)

3.2    Melaksanakan prosedur K3

3.3    Menerapkan konsep lingkungan hidup

3.4    Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

STANDAR KOMPETENSI KEJURUAN     Multi Media (072)

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

  1. Memahami etimologi multimedia
1.1    Mendeskripsikan tentang multimedia

1.2    Menjelaskan multimedia content production

1.3    Menjelaskan multimedia communication.

  1. Memahami alir proses produksi produk multimedia
2.1     Menjelaskan proses pre productionmultimedia

2.2     Menjelaskan proses productionmultimedia

2.3     Menjelaskan proses post productionmultimedia.

  1. Merawat peralatan multimedia
3.1    Menjelaskan langkah-langkah perawatan peralatan multimedia

3.2    Melakukan perawatan peralatan multimedia

3.3    Membuat kartu perawatan peralatan multimedia.

  1. Mengelola isi halaman web
4.1     Memeriksa informasi untuk relevansi dancurrency4.2     Memeriksa links dan navigasi

4.3     Mengedit informasi sesuai kebutuhan

4.4     Menguji dan memastikan perubahan perubahan.

  1. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
5.1     Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video5.2     Mengoperasikan kamera video

5.3     Mengisi dan merawat battery selama pengambilan gambar

5.4       Mengoperasikan kamera

5.5       Menata kabel-kabel kamera

5.6       Mengoperasikan clapper board.

  1.  Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam desain komunikasi visual untuk multimedia
6.1     Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)

6.2     Membuat sketsa

6.3     Menggambar perspektif

6.4     Menggambar objek

6.5     Menggambar ilustrasi.

  1. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
7.1     Menjelaskan syarat animasi

7.2     Membuat gambar kunci

7.3     Mengatur dan melengkapi gambar kunci.

  1. Menguasai cara menggambarclean-up dan sisip
8.1    Mendeskripsikan gambar yang asli

8.2    Membuat gambar-gambar asli

8.3    Mendeskripsikan gambar tiga dimensi

8.4    Membuat gambar tiga dimensi.

  1. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
9.1     Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

9.2     Membuat model warna dan tempat warna.

10.  Menggabungkan teks kedalam sajian multimedia 10.1   Menggunakan software teks multimedia

10.2   Mendesain teks multimedia.

11.  Menggabungkan gambar 2D kedalam sajian multimedia 11.1   Mengedit gambar digital

11.2   Menggunakan software grafik multimedia 2D

11.3   Menciptakan design grafik Multimedia 2D

11.4   Menampilkan karya seni digital 2D.

12.  Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian multimedia 12.1   Menggunakan kamera digital

12.2   Menggabungkan foto digital kedalam rangkaian Multimedia

12.3   Menciptakan susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.

13.  Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia 13.1         Menjabarkan format audio digital

13.2         Menggunakan software audio digital

13.3         Merancang audio digital

13.4   Membangun track audio digital.

14.  Membuat story board aplikasi multimedia 14.1    Mengidentifikasi kebutuhan

14.2    Merencanakan alur isi story board

14.3    Medeskripsikan proses pelaksanaan dalamstory board.

15.  Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya. 15.1    Menjelaskan dasar tata cahaya

15.2    Menjelaskan efek cahaya

15.3    Menyiapkan operasi lighting

16.  Menerapkan efek khusus pada objek produksi 16.1   Mengidentifikasikan materi penunjang efek khusus

16.2   Menginstallasi software efek khusus

16.3   Membuat efek khusus pada obyek.

  1. Menyusun proposal penawaran
17.1    Menganalisa syarat-syarat proyek

17.2    Mengidentifikasi keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan

17.3    Membuat rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada

17.4    Membuat proposal

17.5    Membuat pengajuan permohonan tender.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s